Profil Zaim Saidi, Pendiri Pasar Muamalah yang Ditangkap Polisi

Zaim Saidi menjadi sorotan. Alumnus Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor itu ditangkap dengan sangkaan melakukan transaksi jual-beli menggunakan mata uang selain rupiah di Pasar Muamalah Depok, yakni menggunakan uang dinar dan dirham.

Berikut ini infografik profil Zaim Saidi. Pria yang bukan saja sebagai inisiator (pasar muamalah), dia juga pengelola, penyedia lapak, dan wakala induk.

Profil Zaim Saidi

Zaim Saidi menikah dengan Dini Damayanti pada tahun 1994 dan telah dikarunai lima anak. Pada tahun 2005-2006 Zaim belajar tentang muamalat dan tasawuf di Afrika Selatan. Hasil studi tersebut menjadi buku Ilusi Demokrasi: Kritik dan Otokritik Islam.

Pada 1997 Zaim mendirikan Public Interest Research and Advocacy Center yang aktif melakukan riset, studi kasus, serta advokasi mempromosikan ekonomi Islam dan kedermawanan sosial.

Pada 2000 Zaim mendirikan Wakala Adina yang kemudian berganti nama Wakala Induk Nusantara. Sejak 2008 Wakala Adina menjadi pusat distribusi dinar emas dan dirham perak di Indonesia.

Baca juga: Kontroversi Pasar Muamalah Depok

Tinggalkan komentar